“VAKSINASI TAHAP I SISWA SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA TABANAN”

Program vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia 12-17 tahun sudah mulai dilaksanakan.  Hal itu dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya anak-anak yang terinfeksi Covid-19 lalu mengalami kondisi yang parah dan memerlukan perawatan.  Target Pemerintah untuk program vaksinasi Covid-19 anak berusia 12-17 tahun adalah sebanyak 32,6 juta anak. “Hal tersebut dikemukakan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia.

Vaksinasi untuk anak berusia 12-17 tahun masuk program vaksinasi tahap 3, yang juga menyasar masyarakat rentan dan masyarakat umum. Pelaksanaan vaksinasi anak berusia 12-17 tahun dilaksanakan setelah keluarnya izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI)

Melansir Indonesia.go.id, BPOM memberikan izin vaksin Sinovac untuk anak-anak berusia 12-17 tahun di Indonesia. Izin vaksinasi tersebut tertuang dalam Surat Pengajuan Nomor RG.01.02.322.06.21.00169/T tentang Hasil Evaluasi Khasiat dan Keamanan Komite Nasional Penilai Obat kepada Bio Farma tertanggal 27 Juni. Dalam surat tersebut, BPOM merekomendasikan menerima usulan penggunaan vaksin corona untuk anak usia 12-17 tahun dengan dosis 600 SU/0,5 ML.

Terdapat beberapa pertimbangan yang digunakan dalam menerima usulan penggunaan vaksin untuk golongan usia ini, yaitu: Pertama, profil imunogenisitas dan keamanan pada dosis medium (600 SU/05 mL) yang lebih baik dibanding dosis rendah (300 SU/0,5 mL). Kedua, dari data keamanan uji klinik fase I dan Fase II, profil AE sistemik berupa fever pada populasi 12-17 tahun yang tidak dilaporkan dibandingkan dengan usia 3-5 tahun dan 6-11 tahun. Ketiga, imunogenisitas dan keamanan pada populasi remaja 12-17 tahun diperkuat dengan data hasil uji klinik pada populasi dewasa karena maturasi sistem imun pada remaja sesuai dengan dewasa.

Berdasarkan situs resmi Kemenkes, vaksinasi anak berusia 12-17 tahun dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk mempermudah pendataan dan monitoring pelaksanaan. Melansir Kompas.com, 29 Juni 2021, pendaftaran juga dapat dilakukan melalui portal PeduliLindungi, pedulilindungi.id. “(Pendaftaran vaksin anak usia 12-17 tahun) sama dengan yang saat ini berjalan. Mekanisme pelaksanaan, dan observasi yang dilaksanakan sama dengan vaksinasi pada kelompok usia 18 tahun ke atas.

Untuk SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan Vaksin I Siswa dilakukan di sekolah, yaitu di Jalan By. Pass Ir. Soekarno dan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. Vaksin dilaksakan pada hari Jumat, 9 Juli 2021 dan Hari Sabtu, 10 Juli 2021. Untuk SMK Triatma Jaya Tabanan petugas vaksin adalah dari Puskesmas Tabanan I.  Vaksin ini untuk kelas XI dan kelas XII, sementara untuk kelas X baru masih menunggu jadwal selanjutnya.  Untuk Vaksin hari pertama tanggal 9 Juli  ada 328 siswa yang divaksin. Untuk hari kedua Sabtu, 10 Juli 2021 ada 289 siswa yang di vaksin. Jadi untuk vaksin I SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan berjumlah 617 orang. Vaksin di hari kedua juga dihadiri langsung oleh Bapak SEKDA Kabupaten Tabanan beserta jajarannya. Selama dua hari kegiatan Vaksin berlangsung lancar dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

About the author

Leave a Reply