SMK TRIATMA JAYA SEBAGAI SALAH SATU SMK PUSAT KEUNGGULAN DI BALI

SMK  Pariwisata Triatmajaya Tabanan adalah salah satu SMK Pariwisata yang ada di Kabupaten Tabanan, tepatnya di Jalan By Pass Kediri, Dauh Peken, Kec. Tabanan,Kabupaten Tabanan. Berdiri pada tanggal 23 Juni 2002. Sekolah Pariwisata dengan kompetensi keahlian Tata Boga dan Perhotelan. Dengan jumlah siswa 849 orang pada tahun 2021. SMK Triatma Jaya Tabanan memiliki visi Unggul Dalam Mutu pendidikan dan Pelatihan pariwisata, Disiplin, Serta Mampu Bersaing di Tingkat Nasional dan Internasional. Dan Misi :

  • Melaksanakan PPDB Secara Selektif sesuai dengan tuntunan standar di setiap Kompetensi keahlian.
  • Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien berdasarkan moral dan budaya
  • Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
  • Memenuhi kebutuhan minimal fasilitas pendidikan.
  • Melaksanakan hubungan yang intent dengan sthake holder.
  • Mengantarkan lulusan SMK Triatma Jaya Tabanan untuk siap bekerja /membuka usaha dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

SMK Tritmajaya sudah mencetak ribuan lulusan dan sebagian besar sudah terserap ke Dunia Industri. Selama 18 Tahun ini siswa-siswi SMK Triatma Jaya juga sudah banyak meraih berbagai prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Sarana dan Prasarana di SMK Triatma Jaya juga sudah sangat lengkap. Dari ruang kelas, ruang praktek, lab komputer dan sarana lainnya yang sangat menunjang kegiatan pembelajaran. SMK Triatma Jaya juga sudah memiliki Teaching Factory berupa Café untuk praktek keahlian Tata Boga dan juga Laundy untuk keahlian perhotelan. Sehingga siswa dapat langsung praktek di sana.

Dengan perkembangan dan berbagai prestasi yang diraih SMK Triatma Jaya, pada Bulan Maret 2021 SMK Triatma Jaya berkesempatan untuk mengikuti seleksi SMK Pusat Keunggulan program yang diselenggaran oleh Direktorat SMK, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output.  Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria. Keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh. Upaya mewujudkan keselarasan itu dapat ditempuh dengan cara memenuhi delapan aspek link and match.

Delapan aspek link and match Adapun delapan aspek itu pertama adalah kurikulum disusun bersama, sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills, dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja. Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis project riil dari dunia kerja, atau project based learning untuk memastikan hardskills, softskills, dan karakter yang kuat

Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru atau instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja. Keempat, praktik kerja lapangan atau industri, minimal satu semester. Kemudian kelima, bagi lulusan dan bagi guru atau instruktur, sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja. Keenam, bagi guru atau instruktur, perlu ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan secara rutin. Ketujuh, dilakukan riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan riil di dunia industry, dan terakhir adalah komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja.

About the author

Leave a Reply