SEMUA GURU WAJIB IKUT DIKLAT LANJUTAN P5BK???

Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan mengundang seluruh guru untuk mengikuti DIKLAT Lanjutan P5BK. Hal dilakukan agar bisa melakukan penyelarasan kurikulum yang berlaku di sekolah. Pada workshop sebelumnya dilakukan untuk guru kelas X karena kurikulum SMK PK ini mulai berlaku untuk kelas X, namun untuk menyelaraskan kurikulum untuk semua angkatan perlu mrngundang semua guru untuk berdiskusi tentang hal ini, sehingga dalam workshop semua guru diundang dalam lanjutan DIKLAT PTBK ini. Lanjutan Diklat Lanjutan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (Bimtek P5BK) : Pembelajaran yang memerdekan adalah pembelajaran yang memperhatikan karaterisktik setiap siswa. Sehingga akan menimbulkan difrensiasi dalam pembelajaran. Sehingga ada beberapa yang mempengaruhi proses pembelajaran. Yang pertama tentang kesiapan pembelajaran, yang kedua adalah pembelajaran berdasarkan minat dan bakat siswa serta yang ketiga cara pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan karakter siswa. Dalam sistem pembelajaran juga dipadukan dengan konsep anti perundungan. Sehingga nantinya ,menghasilkan output student well being.

Regulasi dalam P5BK : 1. Permendikbud No.165 Tahun 2021 tentang SMK pusat Keunggulan,  2. S.E Dirjen Vokasi No. 29 tentang Capaian Pembelajaran. 3. Naskah akademik Profil Pelajar Pancasila dengan masing-masing elemennya.  Sehingga dengan adanya regulasi sebagai guru bisa lebih yakin dalam mengajar.  Konsep pelajar pancasila dengan pembelajaran sepanjang hayat. Perlu juga untuk mengumandangkan lagu-lagu wajib. Komponen utama dalam profil Sebagai 1. Bintang Penuntun Pembelajaran, 2. Upaya mencapai cita-cita bangsa, 3. Menyiapkan warga Negara skaligus warga dunia, 4. Untuk Kesejahteraan jiwa dan raga, 5. Rummusan karakter dan kompetensi abad 21, 6. Profil Lulusan  P5BK dilakukan dengan pembelajaran berbasis projek, dalam projek siswa dapat mengembangkan kemampuannya, sehingga siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Dengan adanya projek pembelajaran juga diharapkan bisa untuk belajar untuk berinvestigasi sehingga mereka bisa belajar untuk memecahkan masalah. Profil pelajar pancasila ini wajib diajarkan kepada siswa.  Yang nantinya akan dijadikan acuan standar kelulusan.  Kerangka kurikulum ditetapkan oleh pemerintah Pusat mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional dan SNP. Bentuk standar kurikulum : Komponen mata pelajaran umum, mata pelajaran kejuruan dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Dimensi Profil Pancasila: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia, Berkebhinekaan global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Gambaran Penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMK : Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu  pelajar melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, projek Penguatan Pancasila dan budaya kerja maupun extrakulikuler.

Tema P5BK : Gaya hidup berkelanjutan, Kearifanlokal, Bhineka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa Raganya, Suara demokrasi, Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI, Kewirausahaan, Kebekerjaan (wajib) dan Budaya Kerja (wajib)  Pelaksanaan P5BK : Blok harian, mingguan dan bulanan . (dibuatkan jam khusus untuk guru pengajar Profil Pelajar Pancasila, 288 JP per tahun), P5BK buka mata pelajaran.  Sistematika Modul : Tujuan, Alur (Pengenalan, Kotektualisasi, Pelaksanaan dan Refleksi), dan Target pencapaian projek. Sehingga dalam proses pembelajaran Guru bisa menerapkan konsep P5BK ini, dan semua guru bisa bersinergi secara bersama-sama dalam penerapan P5BK

Leave a Reply