SEBAGAI SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN, SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA TABANAN GELAR WORKSHOP PENYELARASAN KURIKULUM

Proses penyelarasan kurikulum ini bertujuan untuk mensinkronkan dengan tuntutan di dunia Industri dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Proses penyelarasan ini berfokus pada kegiatan “Penyusunan Program pembelajaran, kompetensi dan kerjasama Industri  pengaturan,koordinasi, penyerasian dan harmonisasi antara sistem pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan pembelajaran) di sekolah dengan tuntutan sistem kerja di industri dunia kerja. Kegiatan ini memiliki alur yang pertama adalah perencanaan , kedua pelaksanaan, ketiga evaluasi, dan yang terakhir tidak lanjut. Dari kegiatan ini diraharapkan dapat:

Tim kerja kehumasan mampu menjalin kemitraan dengan berbagai dunia usaha dan industri sehingga mampu membuka peluang pekerjaan bagi tamatan alumni.Terlaksananya kerjasama dengan mitra terkait untuk memperoleh masukkan sebelum pelaksanaan program berlangsung. Merealisasikan kontrak kerjasama yang dituangkan melalui nota kesepahaman dengan pihak yang dijadikan sebagai mitra.Terealisasinya berbagai kegiatan dalam kerangka mensukseskan pelaksanaan program seperti pertukaran pelajar, guru, kepala sekolah, serta pemagangan dalam upaya penambahan wawasan serta kompetensi.

Dalam Kurikulum Sekolah Pusat Keunggualan Penyusunan Modul Ajar juga sangat penting untuk dilakukan. Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan melaksanakan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan penyusunan modul ajar pada tanggal 10 September 2021. Adapun kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring, yang dihadiri oleh pengawas sekolah dan guru-guru yang mengajar di kelas X. Dengan pemateri adalah Bapak Putu Artana. Dengan adanya workshop ini diharapakan mampu memberikan arahan kepada guru-guru untuk melaksanakan program sekolah Pusat Keunggulan.

About the author

Leave a Reply