Penelusuran Alumni (Tracer Study)

Sebagai salah satu SMK pusat keunggulan SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan mengadakan Workshop Penelusuran Tamatan pada tanggal 22 Oktober 2021 yang dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan, Pengawas SMK Provinsi, Perwakilan Alumni serta perwakilan siswa dan siswi kelas XII.

Penelusuran Alumni (Tracer study) merupakan study yang dilakukan terhadap lulusan SMK yang terkait dengan transisi satuan Pendidikan dan dunia kerja . Tracer study ini juga dijadikan sebagai kesesuaian antara hasil pendidikan dengan bidang kerja. Tracer study ini juga merupakan informasi tentang suasana kerja dan kondisi responden pada saat masuk kerja. Tracer study ini juga merupakan perencanaan dan pegambilan keputusan pada institusi pendidian. Penelusuran alumni ini bertujuan untuk untuk mengevaluasi sekolah apa yang nantinya perlu untuk ditingkatkan di dalam sekolah. Dengan pengalaman yang sudah di dapatkan di dalam dunia industri dan dunia kerja diharapkan alumni bisa memberikan masukan kepada sekolah apa yang harus ditingkatkan dan juga apa yang perlu dibenahi. Prinsip-Prinsip dalam Tracer study ini adalah dengan konsep dan pengembangan instrument, Pegumpulan data dan analisis data dan pelaporan. Strategi yang digunakan dalam penelusuran alumni ini adalah menyesuaiakan dengan zaman, untuk sekarang bisa meggunakan sistem online. Tindak lanjut tracer study bisa dengan perbaikan kurikulum, pemuthakhiran basis data, memberikan profil lulusan dan saran/sumbangan dari alumni. (pak suwira).

Selain oleh kab/kota, penempatan tenaga kerja dapat dilakukan oleh BKK dibentuk di satuan Pendidikan, menengah, tinggi dan LPK. BKK dilarang menempatkan tenaga kerja di luar alumni dan keluar negeri. BKK dapat memefasilitasi pembuatan kartu AK/I bagi alumninya.

 

 

Sharing dari alumni yang bekerja di hotel Heaven sebagai general Admin dan juga sedang sedang berkuliah di PIB dengan jurusan Manajemen Pariwisata. Dengan berbagai presetasi dan juga bisa mendapatkan beasiswa di PIB sambil bekerja. Alumni yang kedua adalah chef  Eka yang sudah bekerja sebagai head chef di salah satu hotel di Semiyak. Yang Sudah memiliki berbagai pengalaman bekerja di beberapa hotel berbintang di Bali.

Leave a Reply