PELAKSANAAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMK TRIATMA JAYA TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022 SECARA DARING

Pada masa Tahun ajaran Baru, tiap sekolah biasa mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau dulu biasa disebut Masa Orientasi Siswa (MOS). Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, kegiatan MPLS tetap harus dilakukan. MPLS juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Pengenalan lingkungan sekolah ditujukan untuk: Mengenali potensi diri siswa baru. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan dan fasilitas sekolah. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif peserta didik.  Tujuan diadakan MPLS untuk beberapa hal, yakni: 1. Mengenali potensi diri siswa baru melalui formulir profil siswa yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi atau bakat serta sifat/perilaku. Selain itu saat MPLS digunakan untuk memberikan motivasi, semangat dan cara belajar efektif untuk para peserta didik baru. 3. Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, disiplin, hidup bersih dan sehat. 4. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah. 5. Pada kegiatan MPLS, bisa mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. 6. Selama pelaksanaan MPLS, kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan di hari dan jam pelajaran sekolah dalam jangka waktu paling lama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Dengan dilakukan pengenalan lingkungan sekolah, peserta didik baru bisa mengenal program yang dimiliki sekolah, mengenal sarana dan prasarana di sekolahnya, mengenal cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri hingga pembinaan kultur sekolah. Di situasi pandemi seperti saat ini, Pengenalan Lingkungan Sekolah dapat dilakukan melalui daring atau luring tanpa tatap muka karena kesehatan dan keselamatan peserta didik adalah prioritas utama.

         MPLS SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan tetap berjalan seperti sediakala secara daring, karena harus tetap waspada dengan menggunakan protokol kesehatan. Kegiatan MPLS ini dilaksanakan dari hari Senin, 12 Juli 2021 s/d hari Rabu, 14 Juli 2021. Dengan jumlah peserta 137 siswa. Adapun bentuk dari kegiatan ini adalah berupa sinkronous yang berupa pemaparan materi melalui zoom meeting dari Bapak/Ibu guru dan Asinkronous yaitu berupa tugas-tugas dari Osis SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan.  Dengan rangkaian kegiatan yang berisi materi tentang pengenalan lingkungan sekolah berupa pengenalan seragam sekolah panduan buku tatib,  pengenalan kompetensi keahlian, pengenalan tata cara pemimjaman buku pengenalan tata cara pembayaran administrasi sekolah,  pengenalan tata cara pelaksanaan Ujian akhir semester dan beberapa materi tambahan lainnya yang diisi oleh Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Wakasek, Bapak/Ibu Wali kelas dan Bapak/Ibu Guru serta beberapa tambahan tugas dari OSIS SMK Pariwisata Triatma Jaya Tabanan

Jadi dalam MPLS kali ini menekankan terhadap penyesuaian – penyesuaian yang lebih kreatif dan inovatif, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sehingga meski tidak bertatap muka langsung, tujuan MPLS, khususnya yang terkait dengan pengenalan berbagai aspek pembelajaran di sekolahnya tetap tercapai dengan baik.

About the author

Leave a Reply